Home » » Bawaslu Kepri Awasi Aktivitas Politik PNS

Bawaslu Kepri Awasi Aktivitas Politik PNS

Written By kpu tanjungpinang on Jumat, 28 Agustus 2015 | 04.23

 Tanjungpinang, KepriDays.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepri akan mengawasi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam aktivitas Partai Politik (Parpol) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015.

“Apabila adanya laporan dugaan oknum Aparatur Sipil Negara atau Pengawai Negeri Sipil yang terlibat dalam aktivitas Partai Politik dalam Pilkada ini, 
maka akan ditindak sesuai UU yang berlaku,” kata Devisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kepri, Indera, Rabu (29/7) kepada KepriDays.com.
Karena dikatakanya, hal ini mengacu pada PP 53/2010 tetang disiplin PNS. Sebab, PNS dilarang memberikan dukungan kepada calon Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah.
“Sejauh ini kami memang belum melihat bukti, namun sebagai evaluasi, Bawaslu Kepri akan mengeluarkan surat untuk mengingatkan tentang keberadaan ASN dan perangkat desa terkait dengan kegiatan kampanye,” ujarnya.
Pada surat tersebut juga katanya, Bawaslu Kepri akan buat sebelum penetapan masa kampanye pada 24 Agustus 2015 mendatang, dan ditebus ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).
Karena hal ini mengacu pada Surat Edaran Menteri PAN-RB nomor B/2355 M.PANRB/2015 07/2015 yang dikeluarkan pada 22 Juli 2015 tentang Netralitas ASN dan Larangan Penggunaan Aset Pemerintah dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak.
“Apabila masih ada ASN atau PNS terlibat dalam aktivitas kampanye atau melakukan hal-hal yang tidak sepatutnya dilakukan setelah dikeluarkan surat tersebut, maka proses sanksi berlanjut,” katanya. (AFRIZAL)
Sumber : KepriDays.com
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Komisi Pemilihan Umum - All Rights Reserved